Panitia PSB Adakan Tes Masuk Santri Baru 2018/2019

Jumat 22 Desember dan Sabtu 24 Desember 2017 Ponpes Ta’mirul Islam menggelar Ujian Masuk bagi para Calon Pelajar (Capel) yang telah mendaftar diri menjadi santri ponpes Ta’mirul Islam untuk tahun ajaran 2018/2019.Penerimaan Santri Baru (PSB) tahun ini sengaja dibuka lebih awal demi memudahkan para pendaftar yang biasanya sudah mulai berdatangan menanyakan perihal waktu pendaftaran sejak pertengahan semester ganjil. Selain itu dengan dibukanya PSB lebih awal, diharapkan dapat menfasilitasi bagi capel yang telah dari awal berniat kuat ingin mondok, “Sebab niat baik itu perlu disegerakan, jika ditunda-tunda biasanya keburu digoda setan,” demikian terang Ustadz Sofyan Hadi, MPd. selaku panitia PSB tahun ini.

PSB tahun ini juga untuk pertama kalinya memberikan fasilitas pendaftaran online, demi mempermudah para pendaftar khususnya yang berasal dari luar kota agar tidak perlu bolak-balik untuk pendaftaran. Dengan pendaftaran online para pendaftar cukup datang ketika hari Ujian Masuk saja. Sejak dibuka pendaftaran per November yang lalu tercatat telah ada 62 capel putri dan 58 capel putra yang telah mendaftarkan diri kepada panitia PSB.

Ujian masuk santri baru 2018/2019 diadakan para hari Jumat 22 Desember 2017 dan pada hari Ahad 24 desember 2017. Ujian hanya digelar sehari dimana capel diperkenankan memilih ujian diantara kedua hari yang telah disediakan. Adapun materi ujian yang diujikan bagi para capel yakni; tes pengetahuan umum, tes kemampuan Qiro’ah/baca al Qur’an dan tes kemampuan menulis arab/imla’. Selain itu juga diadakan wawancara kepada capel dan walinya untuk mengetahui kesiapan untuk mondok di Ta’mirul Islam serta untuk memberikan gambaran bentuk kegiatan, peraturan dan kegiatan yang ada di pondok ini.

Pada kesempatan ini, sejumlah capel yang berasal dari luar pulau Jawa juga mengikuti ujian dan wawancara melalui video call, sebagai kemudahan yang diberikan panitia bagi pendaftar dari luar pulau dan tidak memungkinkan untuk datang ketika ujian. Dari 200 kuota santri yang disediakan (100 putra & 100 putri) tercatat telah ada 115 capel yang diterima (58 putra & 62 putri). Selanjutnya PSB gelombang II akan dibuka di semester mendatang, untuk memenuhi sisa kuota yang masih tersedia. (yakub)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *