Keseruan Santri merayakan Idul Adha

Surakarta – Allahuakbar… Allahuakbar… Allahuakbar… walillahilhamd…

Selama semalaman penuh takbir berkumandang diseluruh masjid penjuru dunia menyambut datangnya idul adha, atau yang sering kita kenal dengan lebaran haji.

Idul adha biasanya identik dengan kambing atau sapi. Karena, pada hari inilah umat muslim melaksanakan ibadah qurban. Seperti yang kita tahu, ibadah ini berasal dari kisah kesabaran dan ketaatan nabi Ibrahim as yang mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya, nabi Ismail as.

Ponpes Ta’mirul Islam pun tak ketinggalan ikut merayakan idul adha ini dengan suka cita. Sejak malam, takbir dikumandangkan secara bergilir oleh para santri putra hingga fajar menjelang. Santri putri pun tak kalah meriahnya mengumandangkan takbir diarea asrama putri. Selain itu, ponpes juga menerima penyalura hewan qurban bagi para walisantri atau masyarakat yang hendak berqurban di pondok.

Meski merayakan Idul Adha di tengah pandemi COVID-19, semangat para santri tak luntur. Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha tiba, para santri telah menyiapkan berbagai hal. Mulai dari membersihkan area ponpes, mempersiapkan peralatan untuk penyembelihan, dan lain sebagainya.

Setelah sholat idul Adha dilaksanakan para santri dan santriwati langsung mengganti pakaian mereka dan antusias melihat proses penyembelihan, setelah selesai para santri kelas 5 & 6 ikut membantu para asatidz dalam mengelola daging qurban.

Setelah proses penyembelihan dan pembagian daging selesai para santri dan santriwati antusias untuk memasak daging qurban, ada yang memasak sate,tongsen dll.tak ketinggalan para asatidz juga ikut memasak.inilah semarak kegiatan idul Adha di pesantren Ta’mirul Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.