Wisuda Santri Akhir Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah  (KMI)

Masaran – Ahad, 3 Juli 2022 merupakan hari wisuda santri akhir KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam angkatan ke-32. Wisuda yang diselenggarakan di halaman pondok ini mengukuhkan 44 wisudawan. Haflah At-Takhorruj atau acara Wisuda, merupakan Agenda puncak dan menjadi agenda terakhir dari Kuliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Kampus Masaran Sragen.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Acara ini berlangsung dengan penuh khidmat dan haru. Wisuda kali ini diselenggarakan dengan dihadiri oleh Santriwan dan asatidz dan juga dihadiri wali murid seperti tahun-tahun sebelumnya. Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Oh pondok ku & mars Ta’mirul Islam, kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda, Sambutan, Khutbah wada’ dan do’a.

Setelah acara prosesi wisuda, Bapak Direktur KMI dalam sambutannya menyampaikan laporan tentang pelaksanaan ujian akhir KMI serta jumlah peserta ujiannya menurut kriteria kriteria tertentu, misalnya asal provinsi, umur, lamanya belajar, dan lain-lain. Setelah itu dimulai dari sambutan perwaklian siswa KMI kelas 5 (adik kelas), berikutnya sambutan perwakilan siswa KMI kelas 6 dan dilanjutkan dengan sambutan perwakilan wali santri.

Setelah acara ditutup para wisudan langsung diarahkan oleh sekretaris pondok terkait tempat pengabdian bersama perwakilantiap lembaga tempat mereka mengabdi selama setahun mendatang. Program pengabdian tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian Pondok kepada para santrinya agar memiliki bekal cukup sebelum benar-benar terjun di masyarakat.

Pengabdian ini adalah salah satu bentuk perhatian pondok terhadap para alumnusnya. Pondok tidak lantas melepasnya begitu saja, melainkan mengawal sampai tempat perjuangan 1 tahun ke depan tetap dipikirkan. Hal itu, tidak lain sebagai wujud implementasi pendidikan pondok, yakni penugasan. Di sanalah, wadah persemaian guru-guru Islam, dan penggodokan pemimpin umat di masa depan.

Khutbah Wada’ oleh Pimpinan Pondok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.