PROGRAM Ponpes Ta’mirul Islam

1. KMI (Kuliyyatul Mu’allimin al-Islamiyyah)

Jenjang pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah) 6 ( enam ) tahun, setingkat dengan SLTP dan SLTA. KMI ini merupakan inti dari lembaga pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, dan semua siswa KMI pesantren Ta’mirul Islam wajib tinggal di dalam asrama, tidak diperkenankan pulang ke rumah masing-masing setiap hari. Sesuai SK. Mendiknas No.240/C/KEP/mn/2003, ijazah KMI tersebut dapat digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi.

Arti dari Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah adalah persemaian guru-guru Islam. Lembaga KMI berusaha untuk mendidik para santri untuk menjadi guru Agama Islam, dengan pembekalan memadai, yang diharapkan mereka setelah lulus dari KMI dapat mengajar anak-anak tingkat SD dan SLTP dalam bidang agama.

2. TAKHOSSUS

Takhossus adalah kelas akselerasi (percepatan). Program ini diperuntukkan bagi santri/santriwati alumni SMP maupun MTs yang masih lemah dalam kemampuan berbahasa Asing (Arab dan Inggris).

3. TAHFIDZUL QUR’AN

Tahfidzul qur’an diperuntukkan untuk santri/wati yang memiliki minat dan kemauan dalam menghafalkan al-qur’an.Kegiatan Tahfidz al Quran merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah koordinasi LP2QB yang dilaksanakan secara berintegrasi dengan tempatkan di komplek sebagai asrama khusus penghafal Al-Quran. Mereka dibina dan dibimbing secara intensif agar konsentrasi menghafal al-Quran 30 juz. Kegiatan ini dibina secara kontinyu oleh Beberapa Asatidz dengan dibantu oleh beberapa badal dalam menyimak hafalan mereka.

Mereka diwajibkan bisa menyetor hafalan sebanyak satu halaman lembar mushaf dalam tiap harinya, sehingga ditargetkan minimal mereka mampu menghafal 4 Juz dalam setahun.

4. MA’HAD ALY

Pondok Pesantren Ta’mirul Islam terus berkembang dalam segala bidang, salah satunya dengan adanya Ma’had Aly Ta’mirul Islam yang menjadi perguruan tinggi milik pondok yang merupakan jenjang pendidikan klasikal teratas di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam ini, dengan masa kuliah 4 tahun (8 semester).

Perintisan dan pendirian lembaga pendidikan Ma’had Aly ini setelah menyadari akan perlunya suatu lembaga pendidikan tinggi yang bersifat pendalaman (Ta’ammuq Fi Ad-Din) untuk masyarakat dan alumni, yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat menengah atas.

Selain itu juga peran serta para Alumni yang menginginkan terwujudnya lembaga pendidikan Tinggi di Pesantren Ta’mirul Islam yang dapat Menyampaikan risalah Islam dalam wujud pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi Menanamkan roh Islamiyah serta pendalamannya (Ta’ammuq Fi Ad-Din) kepada mahasantri.

Menyiapkan kajian-kajian diniyah Islamiyah yang representatif, Menyiapkan kader ulama’ dan sarjana muslim yang mumpuni, fuqoha’ fi- Din yang siap memecahkan persoalan hukum yang dihadapi umat Islam, kini dan mendatang yang berlandaskan kitab Allah dan sunnah Rasulullah.

Menghasilkan alumni yang terampil dalam membaca kitab dan berbahasa arab, berkualitas dalam mengantisipasi dan memecahkan persoalan hukum, berakhlak mulia.

Organisasi Mahasantri

Untuk menunjang keberhasilan study di Ma’had Aly, maka para mahasiswa diberi kesempatan untuk menambah pengalaman di luar jam akademik, yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang tergabung dalam organisasi DEMA (Dewan Eksekutif Mahasantri) Organisasi Mahasantri Ma’had Aly. Dengan kegiatan yang paling menonjol adalah pengembangan Bahtsul Masail baik untuk intern maupun umum.

5. MANASIK HAJI

Cita-cita ideal setiap jamaah haji adalah mencapai haji mabrur, sebab haji mabrur balasannya adalah surga. Kemabruran inilah yang merupakan puncak dari segala do’a dan harapan jamaah haji. Untuk mencapai kemabruran tersebut dibutuhkan ilmu yang benar dan wawasan yang luas tentang pelaksanaan ibadah haji. Dengan demikian, bimbingan manasik haji merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan.

Alhamdulillah, berkat iradah dan inayah Allah SWT. Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta telah menambah kegiatannya dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang diberi nama “Al Mabrur”, dalam rangka melayani calon “tamu-tamu Allah” untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam pelaksanaan ibadah haji. Bimbingan disampaikan oleh para ahli yang sudah banyak pengalaman dalam bimbingan ibadah haji ke Tanah Suci.

Juga Program manasik yang diperuntukkan bagi masyarakat umum ini dilaksanakan setiap hari Ahad pada bulan Rabi’ul Awal sampai dengan bulan Rajab.

6. KB & TK

KB dan TK dikelola dengan system PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). TK/RA Ta’mirul Islam, disamping kurikulum pemerintah juga mengembangkan dan menerapkan kurikulum pesantren yang disesuaikan dengan usia anak didik, selain ruang belajar yang memadai TK Ta’mirul Islam juga menyiapkan fasilitas bermain dan fasilitas pendidikan yang cukup memadai.

7. Ekstrakurikuler

  1. Jam’iyyatu-l-Qurra‘ dan Tahfidz Al-Quran
  2. Diskusi dan Kajian ilmiah
  3. Pelatihan Organisasi
  4. Gerakan Pramuka
  5. Program peningkatan Bahasa, diantaranya;
    • Penyampaian kosa kata Bahasa Arab dan Inggris setiap pagi.
    • Percakapan berbahasa Arab maupun Inggris, dua kali sepekan, pada hari Selasa dan Jumat.
    • Perlombaan pidato, drama dan cerdas cermat dalam bahasa Arab dan Inggris.
  6. Public Speaking dengan menggunakan tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
  7. Perkemahan, diadakan setiap minggu secara bergiliran.
  8. Kursus-Kursus Ketrampilan dan kesenian, di antaranya:
    • Kursus Kaligrafi
    • Kursus Melukis
    • Kursus Mengetik
    • Kursus Komputer
    • Kursus Hadrah
    • Kursus Membuat Sirup and Roti
  9. Olahraga, meliputi :
    • Lari pagi
    • Sepak bola
    • Bola basket
    • Bola takraw
    • Tenis meja
    • Bulu tangkis
    • Bola voli
    • Bela diri
    • Senam
    • Futsal
  10. Penerbitan buletin dan majalah dinding
  11. Pementasan Seni, ditampilkan oleh kelas lima dan kelas enam dalam rangka pekan perkenalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.