Liburan Bersama Pesantren Kilat PPTI

Rabu, 22 Desember 2018 Ponpes Ta’mirul Islam mengadakan kegiatan pesantren kilat setingkat MI. Kegiatan berlokasi di Ta’mirul Islam kampus masaran, yang dipanitiai oleh beberapa ustad dan ustazah PPTI.
Peserta berjumlah 44 santriwan dan 56 santriwati dari MI sekitar Soloraya.

Alur kedatangan nya sendiri adalah sebagai berikut: peserta memasuki stand pertama yaitu check in. Kemudian mereka diajak memasuki aula guna penyambutan dan pemberian maklumat.

Kegiatan selanjutnya ialah belajar merapikan kamar masing-masing, dibimbing oleh panitia. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian mereka mulai dari hal paling sepele yaitu kamar tidur. Agar peserta bisa saling mengenal satu sama lain, maka diadakanlah perkenalan disertai dengan game seru.

Menjelang sore hari, peserta diarahkan menuju perkebunan pondok guna pelatihan ilmu berkebun. Kegiatan ini dibimbing oleh Ust. Haris Ali dan Kak Fikri.

Dilanjutkan dengan Solat magrib dan isya berjamaah beserta mengaji. Sebelum tidur, ustad Arifin memberikan dongeng islami pada peserta. Lalu masing-masing peserta dipersilahkan mengambil amanah darinya.

Menyambut pagi, panitia menggerakkan santri untuk solat Tahajud bersama, dilanjutkan solat subuh dan jalan sehat. Disusul dengan kegiatan super asyik: praktek wudhu, hafalan do’a dan sholat, belajar berbahasa Arab dan Inggris, memanah, ternak kelinci, dan pidato .
Untuk hari terakhir, peserta diajak senam pagi kebugaran. Selanjutnya ialah belajar Mahfuzot dan tafsir. Dilanjutkan dengan mancing mania dan outbond.
Acara ditutup dengan Tausiyah dan do’a dari pimpinan pondok.

Kegiatan ini memang cukup singkat; 3 hari 2 malam namun diharapkan mampu memberi pengaruh yang besar terhadap orang tua dan murid. Tujuan utama ialah mencetak generasi umat yang tangguh dan merekatkan sekolah Islam dengan pondok pesantren. Serta menambah wawasan juga membantu wali dan murid guna mengisi waktu liburan dengan cara berbeda dan menyenangkan.
( Naila )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.