Khidmat Santri Di Bulan Penuh Rahmat

Masaran- Rabu pagi, 14 April 2021. Puluhan santri yang mengenakan celana training panjang dan kaos terlihat mondar-mandir. Sebagian di antara mereka tengah membersihkan pelataran tempat ibadah.

Sebagian di antara mereka sibuk menyapu lantai dan halaman masjid. Ada pula yang duduk bergerombol sembari berbincang. Mereka merupakan santri kelas 5 (setingkat dengan kelas XI di SMA/SMK). ‘’Kami tetap tinggal di sini selama Ramadan,’’ kata salah seorang santri kelas 5 sembari terus menyapu daun kering dengan sapu lidi.

Selama Ramadan, santri kelas 5 merupakan ‘penjaga gawang’ pondok. Mereka harus menjalakan tugas di antaranya mengurus asrama, bersih-bersih pondok, menyiapkan buka bersama, membantu proses pembangunan pondok dll.

Para santri kelas 5 KMI yang hendak naik kelas 6 mengisi bulan puasa dengan beragam kegiatan. Selain bersih-bersih dan menjalankan sejumlah program kegiatan tahunan mereka juga menjalankan kegiatan keagamaan. Setiap usai salat Subuh sekitar pukul 05.00 hingga 06.00 WIB, mereka mengaji Alquran. Setelah salat Dhuha di masjid, santri kelas 5 menjalankan aktivitas di luar ruangan secara berkelompok. Aktivitas itu di antaranya membersihkan pondok, menyiapkan buka puasa di masjid berupa es buah dan kurma. Masing-masing santri kebagian tiga butir kurma. Setelah salat Maghrib para santri makan di dapur umum.Setelah makan atau pukul 19.15 mereka berjamaah salat isya disambung tarawih hingga pukul 20.30 WIB. Aktivitas selanjutnya mengaji Alquran hingga pukul 21.00 WIB. Kalau untuk mengaji atau belajar yang lain dilakukan secara pribadi oleh masing-masing santri.

Adapun santri kelas 6 yang masih tinggal di pondok sebelum wisuda berlangsung mendapatkan sejumlah pembekalan dan masih mengikuti proses ujian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *